Rehabilitasi Perpustakaan

Nelson Mandela pernah mengatakan, “Education is the most powerful weapon which you can use to change the world”. Atas dasar pemikiran tersebut, Wiratman memutuskan untuk melaksanakan CSR berupa perbaikan perpustakaan di Sekolah Dasar Negeri yang berada di sekitar lingkungan Wiratman. Karena melalui perbaikan perpustakaan, diharapkan Wiratman dapat berkontribusi secara nyata dan pasti sesuai dengan misi Wiratman, yaitu penyedia karya yang inovatif dan unggul bagi kelestarian lingkungan dan kesejahteraan umat manusia.

Perpustakaan menjadi salah satu pilihan untuk melaksanakan CSR karena hampir sebagian anak-anak Indonesia tidak suka membaca, ada banyak faktor yang menyebabkan mereka tidak suka membaca. Salah satunya adalah tidak adanya perpustakaan yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Buku-bukunya pun tidak menarik, hanya berisikan buku-buku pelajaran. Akibatnya tidak ada siswa yang tertarik untuk membaca buku atau bahkan mampir ke ruang perpustakaan. Jika perpustakaan ini diperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak, maka tidak menutup kemungkinan minat baca anak-anak tersebut akan tumbuh.

Konsep yang diajukan untuk pelaksanaan CSR ini cukup menarik, Wiratman tidak hanya membangun atau memperbaiki perpustakaan saja. Bila ada lahan kosong, lahan kosong di sekolah tersebut akan didayagunakan untuk dijadikan lahan hijau. Selain itu, jika drainase sekolah tidak dilakukan terlalu baik, maka akan dilakukan perbaikan.

Dalam tiga tahun terakhir, Wiratman telah memperbaiki tiga perpustakaan, yaitu SDN Tanjung Barat 01, SDN Pejaten Barat 05 Pagi, dan SDN Lenteng Agung 03.