Wiratman Bridge Challenge 2016

Tahun 2016 kegiatan Tanggung Jawab Sosial yang dilakukan berbeda dengan yang sudah dilakukan sebelumnya, yaitu lomba jembatan untuk mahasiswa teknik sipil yang diberi nama “Wiratman Bridge Challenge 2016” (WBC 2016). Untuk membedakan dengan lomba-lomba sejenis yang sudah ada, mahasiswa diminta untuk mendesain jembatan gantung untuk pejalan kaki.

Antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. Ketika pendaftaran dibuka pada tanggal 16 Mei – 18 Juni 2016 terdapat 105 tim dari berbagai universitas negeri dan swasta di seluruh Indonesia yang mendaftarkan diri.

Kompetisi ini terdiri dari tahap perencanaan jembatan dan tahap presentasi karya. Pada tahap pertama, setiap tim diwajibkan untuk membuat sebuah laporan perencanaan yangi meliputi kriteria perencanaan (material, pembebanan, dan peraturan), perhitungan struktur jembatan, inovasi yang dipakai, metode konstruksi, dan RAB.

Untuk penjurian, WBC 2016 dibantu oleh juri-juri profesional yang terdiri dari dosen dan praktisi:

  1. Prof. Ir. Roesdiman Soegiarso, M.Sc., Ph.D – Guru Besar Universitas Tarumanagara sebagai Ketua Tim Juri.
  2. Prof. Dr. Agoes Soehardjono – Guru Besar Universitas Brawijaya
  3. Dr. Ir. Herry Vaza, M.Eng.Sc. – Kepala Pusat Penelitian Jalan dan Jembatan (Pusjatan)
  4. Ir. Iwan Zarkasi, M.Eng.Sc. – Kasubdit Teknik Terowongan dan Jembatan Khusus Ditjen Bina Marga
  5. Ir. Budi Santosa, MT – Perencana beberapa jembatan bentang panjang di Indonesia

Berdasarkan hasil penjurian, terdapat 10 Tim yang berhasil lolos ke tahap final, yaitu:

Kemudian tim yang lolos ke tahap final tersebut mempresentasikan proposal jembatan yang telah dikirimkan pada tanggal 15 November 2016 di PT Wiratman.  Pada presentasi tersebut, beberapa tim membuat maket untuk memvisualisasikan proposal yang mereka ajukan.

Dari hasil penjurian, 5 tim berhasil lolos sebagai pemenang. Pengumuman pemenang dilakukan pada kegiatan “Infrastructure Update” yang dilaksanakan pada tanggal 16 November 2016 di Hotel Dharmawangsa. Kelima pemenang tersebut adalah:

  1. Juara 1 DMS - Institut Teknologi Sepuluh November
  2. Juara 2 Wirasena - Universitas Indonesia
  3. Juara 3 CT-91 - Teknologi Sepuluh November
  4. Juara Harapan 1 Captain Nemo - Universitas Muhammadiyah Surakarta
  5. Juara Harapan 2 Kuya Adventura - Institut Teknologi Bandung

Melihat antusiasme yang cukup tinggi dari WBC 2016, rencananya kegiatan ini akan diselenggarakan kembali pada tahun 2017 sebagai salah satu wujud Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Selain itu, kegiatan ini secara tidak langsung menjadi salah satu media yang paling efektif untuk mengenalkan PT Wiratman terutama kepada calon tenaga kerja baru yang berasal dari universitas.