Desain Convention Hall Berbentuk Kapal

June 29, 2016

Pembangunan Convention Hall Jakabaring Sport City (JSC) yang dilakukan oleh PT Bukit Asam akan segera dilakukan. Wiratman Konsultan yang bertindak sebagai arsitek, mendesain bangunan seluas 10.668 meter persegi tersebut akan berkonsep kapal yang terinspirasi dari masa Kerajaan Sriwijaya

Direktur Utama PT Bukit Asam Arviyan Arifin mengatakan, warna bangunan yang dibangun di atas lahan seluas 5,8 hektar tersebut akan didominasi dengan warna emas dan corak merah yang merepresentasikan kebesaran Kerajaan Sriwijaya. Pihaknya menginginkan gambaran bangunan tersebut memiliki semangat Kerajaan Sriwijaya.

“Lokasi bangunannya nanti berada di tenggara Stadion Gelora Sriwijaya dan tepat di belakang Lippo Plaza Palembang. Pak Gubernur meminta Januari 2018 pengerjaannya sudah selesai. Sebenarnya target tersebut lebih cepat dua bulan dari target kami yakni Maret 2018, tapi tetap kami upayakan selesai lebih cepat,” tuturnya di Griya Agung, Jumat (22/7).

Dana yang digelontorkan PT BA untuk pembangunan ini sebesar Rp149 miliar. Saat ini progres pengerjaan memasuki tahap perancangan dasar yang ditarget selesai September mendatang. Lalu dilanjutkan proses tender dan persiapan pembangunan.

Arviyan mengatakan, tendernya sendiri belum ditentukan dan belum diketahui pihak yang mengerjakan pembangunan, sebab masa lelang masih berjalan. “Kami harap bisa lebih cepat selesai, seperti yang diharapkan Gubernur Sumsel. Yang jelas dan kita utamakan, kita bukan hanya dukung pelaksanaan Asian Games, namun juga dukung target Gubernur Sumsel untuk jadikan kawasan Jakabaring menjadi zona hijau,” ujarnya.

Convention hall tersebut berkapasitas 2.696 kursi dan 1.296 karnival bila digunakan untuk pagelaran konser musik. Lahan parkirnya sendiri mampu menampung 132 mobil, 288 motor, dan 12 bus sekaligus dalam satu waktu. Dalam penyelenggaraan pertandingan, selain tribun permanen, dapat ditambah dengan tribun portable dengan daya tampung 396 orang.

Selain convention hall, pihaknya pun akan membangun lapangan tenis baru yang bisa digunakan indoor atau outdoor karena atapnya bisa dibuka tutup. Convention hall itu akan terkoneksi dengan sarana transportasi dan fasilitas publik seperti kereta cepat ringan atau light rail transit (LRT), Lippo Plaza Mall, dan Stadion Gelora Sriwijaya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menuturkan, dirinya meminta pengerjaannya bisa dipercepat penyelesaiannya agar persiapan Asian Games 2018 pun semakin matang. Dirinya tidak ambil pusing untuk desain apa yang akan diterapkan pada convention tersebut.

“Asalkan bisa digunakan dan pengerjaannya selesai secepatnya, bagaimana pun desainnya boleh saja. Namun kalau bisa dibuat lebih menarik tanpa mengorbankan waktu pengerjaan kenapa tidak dilakukan. Arsiteknya ini Wiratman, konsultan pembangunan tertua, terbesar, dan salah satu yang terbaik di Indonesia. Hasilnya terjamin bagus,” ujarnya.

Convention hall yang juga berfungsi sebagai center court tersebut multifungsi. Beberapa pertandingan olahraga seperti tenis, voli, dan bola basket bisa dipertandingkan di dalam gedung tersebut.

“Atapnya bisa dibuka-tutup sesuai kebutuhan. Kalau dibuka, AC dimatikan, bisa jadi venue final pertandingan tennis saat Asian Games. Kalau ditutup, AC dihidupkan, bisa digunakan untuk bola basket dan voli karena tinggi ceillingnya lebih dari cukup,” kata Alex.

Selain sebagai venue olahraga, center court tersebut pun bisa digunakan sebagai convention hall untuk menyelenggarakan pertunjukan musik, orkestra, pameran, hingga seminar akbar. Dengan adanya convention hall ini, potensi wisata MICE Sumsel pun akan meningkat.

Alex mengungkapkan, selain PT BA, perusahaan lain bersiap untuk membantu pembangunan venue di JSC untuk Asian Games 2018 diantaranya PT Pertamina, Pertagas, Perusahaan Gas Negara (PGN), serta perusahaan swasta lainnya. PT APP Sinar Mas sendiri akan membangun Bowling Center.

“Untuk nominal sumbangannya, kami tidak mematok. Kami terima berapa sumbangan yang mampu diberikan perusahaan tersebut. Kami tidak bisa memaksa di zaman sulit ini. Sebetulnya bantuan dari PT BA pun saya kaget, besar pula bantuannya. Saya sangat bersyukur,” jelasnya.

Sumber: Berita Pagi