International Conference on Pile 2017“ Advancement of Pile Technologies and Case Histories”

September 28, 2017

International Conference on Pile 2017 telah selesai dilaksanakan di Hotel Discovery Kartika Plaza, Bali Indonesia. International Conference ini dilaksanakan dari tanggal 26 September 2017 hingga 27 September 2017 dan tahun ini mengambil tema “Advanvement of Pile Technologies and Case Histories”. Acara ini merupakan acara tahunan yang selalu diadakan oleh Departemen Teknik Sipil Universitas Parayangan Bandung dengan didukung oleh Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia (HATTI), Departemen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), International Society for Soil Mechanics and Geotechnical Engineering (ISSMGE)Deep Foundation Institute, dan The International Association of Foundation Drilling.

Tahun ini, PT Wiratman berkesempatan berpartisipasi di dalam International Conference dengan mengirimkan 2 makalahnya yaitu Design, Construction, and Performance of Long Deep Bored Piles for Tall Building Complex in Jakarta yang dipresentasikan oleh Bapak Budihartono Wijantodan Evaluation of Osterberg Cell Test Using Linear and Non Linear Approach for Apartment Project in Pondok Indah yang dipresentasikan oleh Bapak Andrew Arnaldi.

3

Bapak Budihartono ketika membawakan materi presentasi di depan para peserta

Paper yang dibawakan oleh Bapak Budihartono merupakan kolaborasi paper antara PT. Wiratman, Prof. Widjojo A. Prakoso (dosen teknik sipil Universitas Indonesia), dan Prof. I. Wayan Sengara (dosen teknik sipil Institut Teknologi Bandung). Paper ini membahas tentang perencanaan fondasi tiang bor, pelaksanaan fondasi dengan menggunakan metode RCD dan pembahasan hasil loading test yang telah dilakukan pada Proyek Thamrin 9, dimana nantinya proyek ini akan menjadi salah satu gedung tertinggi di Indonesia.

Di dalam presentasi yang dibawakan oleh saudara Andrew, turut hadir beberapa praktisi struktur maupun geoteknik dari Jakarta seperti bapak Rusyanto, bapak Annin Hudaya, dan bapak Sindhu Rusyanto yang ikut memberikan pertanyaan terkaitr penggunaan bi-directional test sebagai pengganti top load test yang umum digunakan di Jakarta. Dalam penyusunan paper tersebut saudara Andrew dibantu oleh saudara Ferdinand Eka Putra dan dengan pengarahan bapak Budihartono sebagai project director pada proyek tersebut.

Saudara Andrew Arnaldi di dalam sesi tanya jawab.

Saudara Andrew Arnaldi di dalam sesi tanya jawab.