Seminar Rekayasa Geoteknik Pada Bangunan Gedung dan Infrastruktur

October 26, 2017

Seminar Rekayasa Geoteknik Pada Bangunan Gedung dan Infrastruktur merupakan salah satu rangkaian acara untuk memperingati HUT PT Wiratman ke-41. Dalam acara seminar geoteknik tersebut, PT Wiratman mengundang 3 Key Note Speaker dari eksternal dan 2 Key Note Speaker dari internal dimana kedua Key Note Speaker ini berasal dari pemenang Lomba Karya Tulis Inovasi Geoteknik yang sebelumnya dilakukan untuk internal PT Wiratman. 

Setelah peserta seminar melakukan registrasi, tepat pukul 09:00 acara Seminar Geoteknik diawali dengan sambutan dari Ibu Melani D. Wangsadinata selaku Direktur Utama PT. Wiratman.

Sambutan oleh Ibu Melani D. Wangsadinata

Sambutan oleh Ibu Melani D. Wangsadinata

Setelah sambutan dari Ibu Melani D. Wangsadinata, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan untuk ketiga pemenang Lomba Karya Tulis Inovasi Geoteknik.

Pemberian Penghargaan kepada Pemenang Lomba oleh Ibu Melani

Pemberian Penghargaan kepada Pemenang Lomba oleh Ibu Melani

Setelah pemberian penghargaan kepada para pemenang, selanjutnya acara diserahkan kepada moderator yang dalam kesempatan ini adalah Bakhtiar Cahyandi Ridla, ST., MT., M.Sc dari Divisi Geoteknik. Acara dilanjutkan dengan pemaparan makalah oleh Key Note Speaker yang diawali oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Wayan Sengara yang memaparkan materi mengenai Pengembangan Input Motions Gempa Desain untuk Analisis Time History Gedung Tinggi. Study kasus yang di angkat oleh Bapak Wayan Sengara ini adalah salah satu proyek yang didesain dan sudah sangat familiar di PT Wiratman yaitu Thamrin Nine. Kemudian dilanjutkan oleh Bapak Prof. Paulus Pramono Rahardjo, Ph.D yang mengangkat tema mengenai proyek yang sedang hangat dibahas media yaitu proyek terowongan MRT di Jakarta. Dalam pemaparannya “Desain dan Konstruksi Terowongan MRT-Jakarta”, Bapak Paulus Pramono sedikit menjelaskan bagaimana proses pekerjaan yang dilakukan di dalam terowongan tersebut serta stasiun MRT itu sendiri. Pada penutup sesi I ini ditutup oleh makalah dari Bapak Prof. Widjoyo Adi Prakoso, Ph.D yang membahas Study Kasus Interaksi Pondasi, Piled-Raft, dan Dinding Basement.

6

Pemaparan Makalah Sesi I oleh Key Note Speaker

7

Peserta yang Melakukan Tanya Jawab dengan Pemakalah

Pemberian Plakat kepada Key Note Speaker oleh Ibu Melani

Pemberian Plakat kepada Key Note Speaker oleh Ibu Melani

Sesi II iawali pemaparan makalah  oleh saudara Efri Noer Arif, ST yang membahas mengenai proyek yang sedang dikerjakan oleh divisi Infrastruktur dan Geoteknik PT. Wiratman yaitu Jalan Tol Pekanbaru – Minas. Dalam pemaparan makalah ini saudara Efri Noer Arif menjelaskan bagaimana desain yang dilakukan pada proyek ini karena kondisi tanah yang sangat lunak.

9

Pemaparan Makalah Sesi II oleh Key Note Speaker

Kemudian pemaparan dilanjutkan oleh saudara Galih Permana Putra, ST yang memaparkan makalah mengenai Penggunaan Friction Pile pada Proyek Citralake Suites Akibat N-Spt Tanah yang Bervariasi. Pada sesi II ini tidak kalah seru dengan sesi I. Banyak pertanyaan yang diberikan oleh peserta kepada pemakalah dan dijawab dengan baik juga oleh pemakalah.

10

Peserta yang Melakukan Tanya Jawab dengan Pemakalah